Home » » Pilih Kata Kunci Panjang Atau Pendek? Long Tail Keyword Or Short Tail Keyword?

Pilih Kata Kunci Panjang Atau Pendek? Long Tail Keyword Or Short Tail Keyword?

Pilih Kata Kunci Panjang Atau Pendek? Long Tail Keyword Or Short Tail Keyword?
Pilih Kata Kunci Panjang Atau Pendek? Long Tail Keyword Or Short Tail Keyword? - Panduan SEO - Inilah yang menjadi pembahasan pembahasan oleh banyak kalangan Blogger indonesia bahkan dunia. Masih banyak diskusi diskusi yang terjadi yang saya temukan tentang permasalahan ini. Saya pun pernah begabung di forum diskusi tersebut. Ada yang menyatakan kalau keyword pendek itu sangat dianjurkan dan ada juga yang membantahnya kalau keyword panjang adalah yang baik. Jadi disini saya akan memberikan beberapa pemikiran yang saya telah saya rangkum dari beberapa pengalaman dan info yang saya dapati.

Manakah yang terbaik, menggunakan judul postingan berkeyword pendek atau berkeyword panjang??.

Untuk menjawab pertanyaan itu, marilah saya mengajak anda untuk membaca pembahasan singkat yang saya sajikan dibawah ini. Saya akan memberikan penjelasan mengenai kekurangan dan kelebihan dari masing masing tipe keyword tersebut.

A. Keyword Panjang (Long Tail Keyword
Long Tail Keyword (LTK) adalah sebuah judul dari artikel dalam sebuah blog yang bisa terdapat lebih dari tiga kata. Cukup banyak kalangan blogger yang menggunakan ini. Saya pun menggunakan keyword tipe ini. Mengapa?? Hal yang terlintas di pikiran saya adalah karena tingkat persaingan Search Engine Result Page (SERP) Cukup rendah sehingga sangat memudahkan kita untuk mencapai posisi SERP yang maksimal.

Yang kedua adalah jangkauan keyword kita yang lebih luas. Maksudnya ketika seseorang menggunakan satu keyword yang memunculkan blog anda, kemudian menggunakan keyword yang lain, blog anda tetap muncul.

Misalkan keyword anda :
Cara Membuat Blog Dengan Mudah Dan Singkat.
Ketika ada seseorang yang mengetik keyword Cara Membuat Blog Dengan Mudah maka besar kemungkinan blog anda akan muncul. Begitupun jika seseorang mengetik keyword Cara Singkat Membuat Blog yang blog anda pun akan muncul.

Namun sesuatunya pasti ada kekurangan, begitupun tipe keyword yang satu ini. Jika kita memposisikan sebagai orang yang awam Search Engine, maka untuk mencari sesuatu di google pasti kita akan menggunakan keyword yang pendek. Misalkan Cara Membuat Blog maka dengan terpaksanya, blog anda besar kemungkinan akan bertarung posisi dengan blog berSEO kuat. Kemungkinan pula blog anda akan tenggelam jauh.

B. Keyword Pendek (Short Tail Keyword)

Keyword pendek adalah sebuah judul dalam artikel blog yang terdiri atas 1 hingga 3 kata. Keuntungan dari tipe keyword ini adalah banyak orang awam yang menggunakannya sebagai kata kunci di google sehingga mendatangkan lebih banyak pengunjung. Namun ingat, menggunakan keyword tipe ini berarti blog anda adalah blog yang memiliki tingkat SEO yang sangat tinggi!! Jika tidak, seperti sebelumnya saya katakan, blog anda akan tenggelam sangat jauh!!


Kembali ke pertanyaan awal kita. Manakah yang paling pentinga, maka jawabannya tergantung anda. Namun jika menurutku, Long Tail Keyword adalah terbaik dan cocok untuk kita sebagai seorang newbie.

Sekian post singkat Pilih Kata Kunci Panjang Atau Pendek? Long Tail Keyword Or Short Tail Keyword? kali ini, semoga bermanfaat.

32 comments:

Gaming Techno said...

nice info gan semoga bermanfaat bagi kita semua

kendy setya said...

Ane harap blog ane bisa tinggi rank nya
Nice info gan

Mas Win said...

ilmu yang bermanfaat gan, lanjut

Virdian Harun Prayoga said...

Thanks infonya gan, sangat bermanfaat untuk ane

betet satria said...

yesss dapat elmu lagi hahaha
makasih ya gan

Mr Dunggio said...

@betet satria : sama sama sob...
@Virdian Harun Prayoga : senang mendengarnya.
@Mas Win : siip....
@kendy setya : ok thanks.
@Gaming Techno : aamiin

Rahadina Budiman Sundara said...

Wahh dapet elmu yang mantap nih, makasih gan

Angga 'cucut' Budikoesuma said...

mantap gan,, terimakasih informasinya...

Chanssat Satya said...

thanks infonya gan

Seo Anyaran said...

Keduanya wajib untuk dicoba untuk mengikuti dan mengimbangi perkembangan blog di Indonesia gan

Icah Banjarmasin said...

Long Tail lebih bagus,namun short tail pun bagus juga asal penataan keywordnya sesuai dengan tema artikel dan tema Judul Blog..heee

Shandra Winata said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Mr Dunggio said...

@Shandra Winata : Dont be a spammer!!!
@Icah Banjarmasin : ha,,,, kalau yang itu memang betul sob.
@Seo Anyaran : benar itu.....
@Chanssat Satya : ok...
@Angga 'cucut' Budikoesuma : siiiipp....
@Rahadina Budiman Sundara : ok mas. Sama sama...

Nurdin Akbar said...

klo menurut sayamah lebih baik pendek biar mudah terbacanya

Andrie Adzkia said...

Gan kebanyakan Para Blogger menggunakan penjang atau pendek keywordnya..

Purnomo Rudi said...

Jadi yg paling bagus itu yg long ya?

gemafajar ramadhan said...

saya sih biasanya pilih yang panjang dan unik biar gak ada saingan di google search

joko yugiyanto said...

Kl sy sepakat yg pendek, meski kalah sm yg lain tp jaminan seo friendly

Adid putra said...

ooo berarti bagi pemula lebih baik memilih yang keyword panjang ya gan?

C A N D R A said...

Saya lebih memilih yang Long Tail Keyword, karena lebih mudah ketebak Di Search Engine.

Fajri Khairul Fata said...

long itu paling efektif gan :d

Mr Dunggio said...

@Fajri Khairul Fata : betul sob.
@C A N D R A : iya,,,, saya juga.
@Adid putra : betuuulll banget!!
@joko yugiyanto : okelah sob...
@gemafajar ramadhan : setuju sob...
@Purnomo Rudi : jika menurut saya, YA.
@Andrie Adzkia : panjang sob... Bahkan ada yang kaya gerbong kereta api. Kwkwkwk kiding.
Coba lihat pd judul kontes seo.
@Nurdin Akbar : siiip,,, tapi nda tentu dengan yang lain.

Muhammad 'Keyzee' Anggi said...

makasih ya gan sudah berbagi apa itu long tail keyword dan short tail keyword,tadinya sih ane ga tahu kedua itu,tapi semenjak baca ini ane jadi tahu banyak :D

Nicho A7X said...

Nice artikel gan ^_^ sangat bermanfaat ^_^

Catatan Perawat said...

kalo ane suka make keyword yang panjang gan.hehe

Bakti Sarwendi said...

Kalo ane sih lebih enak keywordnya panjang gan, biar disearch apa aja ketemunya di blog ane wkwkkw. Nice post gan.

Muhammad Rizki Hidayat said...

Kalo ane pilih yang panjang gan, akrat soalnya hehe :D.
Makasih infonya gan, sangat bermanfaat.

Mr Dunggio said...

@Muhammad Rizki Hidayat : sejalan kita...
@Bakti Sarwendi : iya, betul itu....
@Catatan Perawat : sama sob....
@Nicho A7X : ok.....
@Muhammad 'Keyzee' Anggi : saya senang mendengarnya.

dastio garbi said...

saya milih kedua nya ......

Shandra Winata said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Mr Dunggio said...

@Shandra Winata : SPAMMER!!
@dastio garbi : ok sob...

Shandra Winata said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment

Menggunakan script ANTI LINK AKTIVE

LINK AKTIVE ANDA AKAN TERBLOK DAN TIDAK TERBACA

Powered by Blogger.